/TINGKATKAN KUALITAS SDM UMKM , DEKRANASDA GANDENG BEDO SELENGGARAKAN WORKSHOP

TINGKATKAN KUALITAS SDM UMKM , DEKRANASDA GANDENG BEDO SELENGGARAKAN WORKSHOP

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM UMKM Kabupaten Blora, Dekranasda bekerjasama dengan Business and Export Development Organization (BEDO) dengan penyandang dana HM. Sampoerna kembali menyelenggarakan workshop SCORE PLUS pada tanggal 13 Desember 2017 bertempat di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora. Berbeda dengan workshop yang sudah dilakukan sebelumnya, workshop kali ini mengambil trainer dari peserta workshop tahap pertama yang masuk dalam 20 besar terbaik. Trainer yang berasal dari UMKM sendiri diharapkan bisa lebih memotivasi peserta dalam mengikuti workshop sehingga tujuan akhir yang diharapkan dapat tercapai. Peserta workshop sebanyak 100 orang terdiri dari UMKM batik, kayu, makanan, souvenir, tas rajut, sablon dll.
Bupati Blora, Djoko Nugroho yang berkesempatan hadir dan membuka acara dimaksud menyampaikan bahwa UMKM harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti workshop tersebut. Blora sudah berubah, dan UMKM juga harus berubah. Karena pertumbuhan ekonomi salah satunya dipengaruhi pula oleh bangkitnya UMKM. Lebih jauh Bupati menyampaikan bahwa dengan berkembangnya perekonomian maka akan berdampak pula pada tingkat kemiskinan di Kabupaten Blora. Hal ini diibaratkan, apabila setiap UMKM bisa merekrut 3 tenaga kerja maka, bukan hal mustahil jika peringkat kemiskinan Kabupaten Blora bergeser dari 21 menjadi 15.
Pada kesempatan yang sama pula, Ketua Dekranasda Kabupaten Blora, Dra. H. Umi Kulsum Djoko Nugroho menyampaikan agar workshop ini diikuti hingga selesai. Akan ditemukan banyak manfaat dari kegiatan ini antara lain pengelolaan usaha, tertib keuangan, tertib kerja, membuka jaringan serta pentingnya penerapan K3 dalam pengelolaan usaha. Ketua Dekranasda juga berharap agar kegiatan workshop ini akan membuahkan manfaat bagi UMKM dalam pengembangan usahanya dan tentu saja peningkatan kualitas SDM yang saat ini dirasa masih rendah.